Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Menyongsong Harapan

Senin, 06 Desember 2010

Beberapa waktu lalu anak saya Odetta (10 tahun) bertanya berapa tahun lάgϊ saya akan pensiun dari BCA. Saya jawab 11 tahun lάgϊ. Diluar dugaan Odetta berkata "kalau papi 11 tahun lάgϊ pensiun, bagaimana dengan kuliahku ? Bagaimana dengan 2 tahun lάgϊ kuliahku ? Bayarnya bagaimana ? ". Ternyata Odetta menghitung, saat saya pensiun usianya 21 tahun sedangkan kuliah selesai usia 23 tahun. Saya sangat terharu karena di usianya yang masih belia, dia bisa berpikir jauh. Jawab saya soal rejeki sih ada saja. Lalu saya merenung akan kebenaran kata-kata Odetta. Ya sampai usia 44 tahun saya tidak mempunyai usaha apapun selain sebagai karyawan. Paling hanya menulis buku dan sudah 3 buku saya lahirkan.Namun semua royalti saya sumbangkan. Ya mungkin suatu waktu saya bisa menjadi "speaker"?. Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda sudah memikirkan akan melakukan apa jika suatu saat pensiun ? Jika saat ini Anda seorang pengusaha, tentu tidak mempunyai masalah dengan pensiun, tapi harus mempunyai strategi untuk meneruskan usaha kepada anak atau profesional pilihan Anda. Kembali kepada diri para karyawan, jika memang belum terpikir untuk melakukan apa setelah pensiun ada baiknya mengatur strategi seperti menghemat pengeluaran (apalagi tahun 2011 kita tidak bisa isi premium untuk kendaraan), mulai menabung, membeli asuransi kesehatan atau menginvestasikan hal-hal yang menguntungkan. Saya tidak menyarankan Anda untuk berbisnis di jam kerja, tapi jika Anda ingin berbisnis pergunakanlah waktu week end. Sejak mendapat komentar dari Odetta saya mulai berpikir, apa yang harus saya lakukan? Memang saat ini saya hanya menginvestasikan sedikit uang saya di study save, sambil menunggu kesempatan untuk menanam (investasi) suatu bisnis yang akan menguntungkan. Ya, sudah saatnya uang bekerja untuk kita. Apakah nantinya akan berhasil ? Sebagai seorang achiever saya yakin akan berhasil suatu saat nanti sehingga kecemasan Odetta tidak akan terjadi. Bagaimana dengan Anda? Ayo maju terus para pembaca blog www.timoteustalip.com .


:BCA:

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan