Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kebersamaan

Senin, 22 November 2010

Semalam orang tua saya datang dari Lampung. Siang tadi saya mengajak
papa mama untuk makan siang di Hay Tien Restoran. Rasanya senang sekali
3 generasi berkumpul, orang tua, saya dan istri serta ke dua anak saya.
Kesempatan tersebut mungkin hanya sebulan sekali terjadi saat mereka
berkunjung ke Jakarta, karena saya jarang pulang ke Lampung. Apa makna
tersebut bagi saya? Ya sebuah quality time yang bermanfaat dimana kami
bisa bersama-sama selama beberapa jam untuk makan bersama, mengobrol dan
jalan ke rumah saudara. Sering saya memohon agar orang tua mau tinggal
di Jakarta, tapi mereka tidak suka dengan kemacetan dan mencintai
Lampung, walau semua anak dan cucunya ada di Jakarta. Bagi Anda yang
setiap hari bekerja keras, apalagi di Jakarta, dimana jam 5 30 sudah
berangkat dan jam 21 00 baru sampai rumah. Bahkan kadang saat berangkat
anak masih tidur, saat pulang kerja anak juga sudah tidur. Setiap hari
stress di jalan, stress dengan pekerjaan. Maka Sabtu - Minggu adalah
hari terbaik untuk berkumpul bersama keluarga menjadikan quality time
yang berarti. Tiba-tiba saya teringat dengan seorang teman yang
"dipisahkan" dari keluarganya dengan dimutasikan ke Jakarta, sementara
istri dan anaknya di Jogya. Setiap Jum,at sore dia pulang ke Jogya
dengan kereta api. Minggu sore kembali ke Jakarta dengan kereta api
juga. Sampai Jakarta dini hari, lalu menuju kost untuk mandi dan
berganti pakaian kerja dan jam 8 sudah siap bekerja. Saya salut dengan
perjuangannya yang menempuh jarak cukup jauh, sekitar 8 jam hanya untuk
mengejar quality time. Ini dilakukannya hampir 3 tahun.Akhirnya sekarang
dia berkumpul bersama keluarganya di Surabaya. Kebetulan dia menjadi
kepala cabang di Surabaya dan keluarganya ikut pindah ke Surabaya. Kita
bisa belajar dari teman tersebut yang rela menempuh jarak demi sebuah
kebersamaan, dan ini dilakukan setiap minggu. Bagaimana dengan Anda?
Apakah Anda diwaktu week end juga mengadakan acara kebersamaan? Saya
sendiri kadang sulit membuat acara kebersamaan karena di Sabtu saya
harus berlatih pingpong dan masih menulis blog, SWIPE , menulis buku ke
empat dan ke lima sekaligus. Ya saya harus bisa mengatur waktu agar
masih ada waktu untuk kebersamaan. Semoga artikel ini menginspirasi Anda
agar waktu bekerja dan keluarga mendapat porsi yang seimbang.


:BCA:

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan