Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Memuji Tulus, Ada maunya atau Meledek

Sabtu, 16 Oktober 2010

Kamis lalu, saya mendapat BBM dari seorang teman yang kagum akan tulisanku di majalah Internal dan 2 buah buku yang telah saya hasilkan. Dia memuji-muji akan kehebatan saya.
Tapi saya tahu, teman tersebut memuji saya karena ada maunya.
Mungkin Anda juga pernah merasakan sesorang yang memuji-muji Anda. jangan senang dulu karena memuji itu ada 3 jenis yaitu :
1. Memuji Tulus. Adalah pujian yang yang diberikan oleh seseorang dengan ketulusan hati, tanpa mempunyai maksud tersembunyi. Orang ini memang menghargai apa yang telah Anda capai. Contoh sederhana adalah hari ini anak saya Odetta mendapat raport bayangan, dimana nilai rata-ratanya diatas 90. Saya memujinya karena dia telah belajar dengan rajin sehingga mendapat hasil yang maksimal. Tentu saja pujian ini sangat tulus dari saya dan tidak mengandung maksud tersembunyi.
2. Memuji Menghina. Ini tipe orang yang memuji tapi maksudnya menghina. Misal sudah tahu orang itu tidak punya prestasi tapi Anda memuji-mujinya. Ini sih jelas penghinaan. Ada seorang teman yang tampangnya memang tidak cakep, tapi dia paling senang kalau dibilang ganteng. maka teman-temannya sering mengatakan dia ganteng dan keren. Wah betapa senangnya teman tersebut, walaupun semua orang tahu itu pujian untuk menghina.
3. Memuji Ada Maunya. Ini sangat berbahaya. Jika ada orang yang tiba-tiba memuji-muji Anda, padahal sebelumnya tidak pernah, patutlah dicurigai. Pasti orang ini ada maunya. Tipe orang seperti ini seperti musuh dalam selimut, karena tidak kita ketahui maksud tersembunyinya. Anda harus waspada terhadap orang seperti ini.

Saya sendiri sudah mempunyai catatan siapa saja teman-teman disekitar saya yang memuji dengan tulus, memuji yang ada maunya ataupu memuji untuk mengejek. Untuk orang yang memuji ada maunya dan mengejek, akan saya "basmi" dan "colok matanya" agar mereka tahu kalau kelakuannya akan merugikan banyak orang. Jadi jika Anda ingin saya hargai, hilangkan ke 2 sifat tersebut. Semoga.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan