Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Bersikap Sportif Kenapa Tidak??

Rabu, 20 Oktober 2010

Dua hari ini saya mendengar ada dua kejadian yang menarik dan serupa. Yang pertama , seorang teman terbukti melakukan kecurangan dalam lomba foto, dimana foto yang diikut sertakan adalah karya orang lain. Yang kedua, seorang teman mengabsenkan sahabatnya sehingga sang sahabat yang seharusnya terlambat terselamatkan.
Apa yang bisa kita simpulkan dari ke dua peristiwa tersebut? Keduanya sama-sama menunjukkan ketidak sportifan dan kecurangan. Dimanapun jika ada perlombaan apapun, maka haruslah karya kita sendiri , tidak boleh menggunakan karya orang lain. Sedangkan untuk absensi, jika memang terlambat kenapa harus diabsenkan teman sehingga seolah-olah tidak terlambat.
Dalam kehidupan sikap sportif adalah salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan. Jika untuk hal-hal kecil kita tidak sportif maka untuk hal-hal besar akan tidak sportif juga. Coba bayangkan jika teman yang melakukan kecurangan mengirim foto dan foto tersebut menjadi juara. Apakah dia layak menyandang predikat juara tersebut ? Jawablah dengan hati nurani Anda. Coba bayangkan teman yang diabsenkan tersebut terlihat sangat disiplin dengan absensi yang tidak pernah merah.
Tiba-tiba saya teringat peristiwa beberapa waktu silan, saat libur Lebaran, dimana selama 3 hari koran saya tidak diantar. Sang tukang koran menulis memo tentang kesediaannya dipotong tagihan selama 3 hari. Saya sangat terkesan, seorang tukan koran yang penghasilannya tidak sebesar Anda tetapi mempunyai sikap yang sportif dan tidak mengambil apa yang bukan menjadi haknya.
Semua berpaling pada diri Anda masing-masing, apakah ingin bersikap sportif untuk segala hal. Ingatlah sekali Anda melakukan hal yang negatif maka Anda akan dikenang sebagai orang yang tidak sportif. Kadang memerlukan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Mari mulai sekarang kita semua mengoreksi diri dan merenungkan apakah selama ini Anda sudah bersikap sportif. Jadi marilah kita bersikap sportif.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan