Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Untungnya Buat Saya Apa (UBSA)

Kamis, 02 September 2010

Sebuah istilah yang sering diucapkan orang adalah UBSA. Saya sangat terkesan dengan istilah ini. Kenapa? Pada dasarnya setiap manusia selalu berhitung untung ruginya jika melakukan sesuatu, apalagi jika dia diminta atasan/rekan kerja untuk membantu.
Pengalaman sederhana yang saya alami saat meminta team untuk melakukan pekerjaan tambahan yang berbeda sama sekali yaitu selling produk. Ada yang bertanya "jika saya berhasil, apakah saya mendapat bonus tambahan? Saat itu saya sangat kecewa kenapa segala sesuatu selalu dihubungkan dengan uang dan materi. Belum bekerja sudah menanyakan imbalan. Misalnya jika project itu sukses pastilah management akan memperhitungkannya.Ya inilah manusia yang selalu mengukur segala sesuatu dengan imbalan.
Pelajaran apa yang bisa kita tarik?
@Jika diminta untuk mengerjakan pekerjaan lain dan sukses maka kepintarannya untuk siapa? Perusahaan? Atasan? Salah besar, yang jelas kepintaran tersebut untuk Anda sendiri dan bekal untuk maju.
@Dalam hidup, jangan banyak menuntut, mengeluh dan complain. Tunjukkan prestasi Anda terlebih dahulu. Ingat kata-kata bijak "jangan tanya apa yang negara bisa berikan untuk saya, tapi tanyakan apa yang bisa saya berikan untuk negara"
@Buang jauh-jauh istilah UBSA ganti dengan istilah SBKI alias saya bisa kerjakan itu.
Mungkin istilah SBKI belum populer, ya jelaslah baaru saja saya pikir, ketik dan populerkan. Semoga kita semua akan SBKI.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan