Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Memaafkan adalah Perbuatan Mulia

Rabu, 08 September 2010

 
Tulisan ini terinspirasi dari kejadian lucu seorang teman yang jarang berpuasa saat bulan suci Ramadhan. Saat ditanya dengan santainya dia menjawab, Tuhan itu Maha pemaaf dan pasti saya di maafkannya. Sebuah jawaban yang sederhana namun mempunyai arti yang mendalam. Memang masalah puasa tau tidak adalah tanggung jawab masing-masing umat yang menjalankannya, namun alangkah indahnya jika tidak menjalankannya sebaiknya tidak terlalu menyolok.
Kemarin malam di parkiran kantor, logo Toyota di penutup ban mobil saya, dicuri orang. Sebenarnya saya sangat kecewa karena dengan hilangnya logo Toyota tersebut maka akan membuat cacat penutup ban serta memudahkan orang untuk merusak lubang kunci ban cadangan tersebut.
Namun mengingat kata-kata teman tersebut yang mengatakan Tuhan itu Maha pemaaf, maka saya juga harus memaafkan orang itu. Mungkin si pencuri tersebut sedang membutuhkan uang untuk membayar susu anaknya atau untuk membeli obat. Dengan mengambil logo tersebut dan kemudian dijual, maka dia akan memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhannya. Ya semoga saja itu bermanfaat. Namun sebaiknya orang tersebut tidak melakukan hal yang sama. Kali ini berhasil, mungkin lain kali bisa tertangkap dan mendapat hukuman. Alangkah kasihan  anaknya  nanti karena tidak ada lagi yang membelikan susu.
Ya dalam kehidupan yang semakin keras ini, banyak  orang-orang yang terpinggirkan, dan kehilangan mata pencaharian. Mereka harus bertahan hidup dengan segala cara, namun kadangkala caranya tidak terpuji. Banyak faktor yang menyebabkan  terpuruknya perekonomian kita, antara lain semakin merajalelanya korupsi , penyalah gunaan wewenang, permainan licik dan ketidak jujuran orang. Sebagai kaum intelektual kita tidak boleh ikut terjun pada hal-hal tersebut, bahkan kita harus berani bersatu padu mencegahnya. Apakah Anda berani ? Sebuah pertanyaan yang hanya Anda sendiri mampu menjawabnya.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati, saya ucapkan Selamat Idul Fitri, bagi semua pembaca blog , yang menjalankannya. Semoga seluruh amal ibadah Anda akan berkenan di mata Tuhan. Dan saya mohon maaf kalau selama ini ada kesalahan yang diperbuat khususnya melalui tulisan di www.timoteustalip.com,  Ingat Tuhan itu Maha pemaaf loh...


:BCA:

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan