Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Masih Adakah Makna Idul Fitri Bagi Mereka??

Jumat, 10 September 2010

Jum,at 10 September 2010, merupakan hari kemenangan bagi saudara-saudara kita yang beragama Islam. Hari kemenangan atas segala keserakahan, ketidak adilan, kesombongan dan segala hal yang negatif. Hari ini setelah menunaikan shalat ied, mereka saling bermaaf-maafan, mengunjungi handai taulan dan tak lupa menyantap makanan yang enak yaitu ketupat beserta lauk pauknya. Hmmmm saya jadi lapar membayangkannya.
Namun tahukah Anda ada orang-orang yang di hari bahagia ini, tetap harus bekerja melayani kita? Lihat ada satpam, hansip, penyapu jalanan, pengemudi kendaraan umum dan masih banyak lagi. Setelah sholat ied, mereka langsung mengenakan phd (pakaian dinas harian) dan tidak menggunakan baju barunya. Hansip dengan seragam hijau tuanya, satpam dengan seragam putih- birunya. Mereka mungkin tidak sempat bersilahturami karena harus bertugas, mereka juga mungkin tidak sempat menikmati lezatnya ketupat karena harus berdinas. Mereka sangat bertanggung jawab akan tugasnya. Namun mereka juga tetap merasakan hari kemenangan di hati masing-masing dengan menjalankan tugasnya. Bayangkan jika semua satpam dan hansip tidak bertugas, apakah Anda merasa nyaman meninggalkan rumah untuk bersilahturahmi atau sekedar berekreasi ? Bayangkan jika semua pengemudi kendaraan umum tidak bertugas, bagi mereka yang tidak mempunyai kendaraan pribadi, pasti mengalami kesulitan transportasi. Jadi menurut saya, makna idul fitri akan lebih berarti bagi mereka yang tetap mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan orang banyak. Bagaimana dengan Anda ??
Saya sendiri setiap menjelang idul fitri selalu memberikan bingkisan sederhana kepada hansip, tukang sampah, pembersih got dan tukang rumput. Walaupun hanya sedikit, tapi inilah wujud kebahagiaan saya untuk berbagi. Karena mereka telah banyak berjasa atas keamanan maupun kebersihan tempat tinggal saya. Di akhir renungan ini, sekali lagi saya ucapkan Selamat Idul Fitri bagi yang menjalaninya. Semoga tulisan sederhana ini membawa sedikit makna kebahagiaan di hari kemenangan ini. Amin

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan