Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Percaya Diri tapi Harus Sesuai Kemampuan

Jumat, 13 Agustus 2010

Saat ini banyak orang-orang di sekitar kita yang sangat percaya diri. Banyak hal yang membuat mereka percaya diri, antara lain kepandaian berbicara, penampilan yang elegan, perlengkapan yang modern seperti blackberry, IPod serta segudang alasan lainnya.

Apakah itu salah ? Ya tidak sih. Tapi kadangkala gaya percaya diri orang-orang tersebut berlebihan dan lebih menunjukkan ingin memamerkan kehebatannya. Kenapa mereka cenderung bersikap seperti itu ? Menurut pengamatan saya adalah mereka ingin menutupi kekurangannya. Dengan bergaya percaya diri ( dalam bahasa gaul disebut pede) maka seolah kekurangannya terhapus. Kenapa saya tertarik mengangkat kisah ini ? Ada seorang teman kantor yang menurut pengamatan saya sangat luar biasa pede nya. Walaupun tampangnya jika diukur dengan skala 0-10 hanya berada di kisaran 4, tapi pede nya sangat luar biasa. Kepintarannya berbicara di depan wanita seolah menunjukkan dia sangat keren dan mudah menaklukkan wanita. Tapi apa yang terjadi ? Para wanita banyak yang meledek dan tidak menganggapnya. Herannya teman ini bukannya mengoreksi diri tapi makin saja bertambah gayanya. Hal positif dari dia adalah tidak marah saat dilecehkan orang-orang atas ke pede annya.

Nah apa yang harus kita lakukan untuk tetap pede tapi tidak ke pede an ?
Tataplah cermin. Jika tidak ada cermin, beli dulu, toh harganya tidak mahal. Seringlah bercermin dan pandanglah diri Anda baik-baik, apakah penampilan, wajah, postur tubuh dan sebagainya itu mendukung untuk pe de ? Jika mendukung, tidaklah perlu berlebihan. Karena orang lain yang melihat akan mengagumi Anda dan beruntunglah Anda yang dikarunia kelebihan tersebut. Namun jika sebaliknya, maka mulailah Anda berubah total. Jangan menggunakan postur, body untuk menunjukkan pede, tapi tunjukkan dengan hal lain seperti kepintaran, ketenangan, kebijaksanaan, kedewasaan dan sebagainya. Pasti orang akan lebih menghormati Anda.

Ambil secarik kertas putih dan pen. Duduk dan renungkan keseharian Anda. Lalu tulislah apa yang akan Anda ubah dari keseharian yang negatif tersebut. Buat komitmen tentang hal positif dan coba lakukan. Jika banyak hal positif yang ada di diri Anda otomatis pe de Anda akan meningkat dengan sendirinya dan tidak di buat-buat.

Banyak membaca dan belajar pada orang-orang yang sukses. Lihat mereka baik-baik. Mereka tidak perlu ke pede an. Orang lain yang akan melihat dan mengaguminya. Bahkan orang lain yang akan menghampiri tokoh sukses seperti minta tanda tangan di buku hasil karyanya, meminta pin bb nya, meng add face booknya dan sebagainya. Mereka tidak perlu memamerkan ke pede annya agar orang lain tertarik.

Dengan tips dari saya tersebut semoga akan sedikit banyak mengubah gaya orang-orang yang suka ”sok ke pede an” agar bersikap lebih bijaksana dan tunjukkan kalau Anda punya kemampuan yang akan membuat orang lain kagum.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan