Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Nilai Tambah yang Harus Anda Miliki

Jumat, 06 Agustus 2010

Seorang teman , Theodora banyak memberikan semangat kepada saya via BBM. Inilah salah satu cuplikannya ” kita harus melakukan pekerjaan dengan tulus, karena suatu hari pekerjaan ini akan memberikan kontribusi dan nilai tambah untuk melangkah lebih maju. Itu suatu prestasi, anggap saja menjalankan hobby dan suatu hari akan mendapatkan hasil maksimal.” Jika sesuatu yang biasa ada, tiba-tiba tidak ada, apakah orang akan merasa kehilangan ? Jika ya, pastilah itu sesuatu yang penting dan berharga.

Kenapa Theodora menulis sepeti itu ? karena dalam chattingnya saya jelaskan bahwa SWIPE (majalah internal BCA Card Center) yang saya kerjakan adalah bagian dari hobby dan bukan merupakan pekerjaan kantor. Namun saya menjalaninya dengan senang hati. Lihat artikel di blog saya yang berjudul ”Hobby yang Membawa Kekuatan”.

BBM Theodora sangat luar biasa sehingga menambah motivasi saya untuk terus menulis di blog, SWIPE bahkan buku. Masih tambah Theodora, jika orang sudah terbiasa dengan sesuatu (dalam hal ini SWIPE) dan suatu saat tidak ada lagi maka akan banyak orang yang merasa kehilangan. Ya karena sampai edisi ke 11 Juni 2010 ( berarti sudah tahun ke 4) semakin banyak para kontributor yang menyumbangkan tulisan. Bahkan teman-teman selalu menanyakan kapan terbit lagi. Ada yang meminta 1 bulan sekali, karena saat ini 3 bulan sekali. Mana mungkin, karena edisi 3 bulanan saja saya banyak menggunakan waktu week end untuk mengerjakannya. Terkadang saya harus mengoreksi, mengedit, menulis sampai larut malam. Sekali lagi, karena ini hobby maka saya menikmatinya.

Motivasi dari Theodora adalah ”kontribusi dan nilai tambah”. Saya meyakini dengan mempunyai pengalaman untuk menulis, mengelola majalah internal suatu waktu saya bisa menjadi penulis yang lebih tangguh. Memang dari sering menulis di majalah internal saya telah mengeluarkan 1 buku dengan judul “Basmi Manipulasi Manajemen” dan sebentar lagi akan hadir 1 buku lagi.

Nah untuk menjadi seseorang yang lebih maju dari sekarang Anda harus memenuhi nilai tambah. Nilai tambah tersebut bisa berupa kepintaran tertentu yang mungkin tidak dimiliki orang lain dalam posisi yang setara sehingga Anda akan terlihat lebih unggul . Ingat tentang kopi ?. Kenapa kopi di warung berbeda jauh harganya dengan di Starbucks Coffee ?. Karena di Starbucks Coffee terdapat nilai tambah seperti ruangan bagus, ada Wifi, AC, musik dan sebagainya.

Menutup tulisan ini ada lagi 1 cerita menarik dari Theodora tentang “Tiger in the Toilet” kisahnya kira-kira seperti ini. Suatu hari ada seekor harimau tersesat ke dalam toilet. Karena terlalu lama di toilet, maka harimau tersebut menjadi lapar. Tiba-tiba ada seorang manager personalia masuk ke toilet, maka di makanlah manager personalia tersebut. Seminggu kemudian direktur perusahaan masuk ke toilet, karena lapar, maka harimau tersebut juga memakan sang direktur. Minggu ke 3 seorang office boy masuk ke toilet dan harimau ini langsung memakannya juga. Setelah office boy hilang, maka kantor menjadi geger. Semua kelabakan karena lantai kotor, minuman tidak tersedia, tidak ada yang memfoto copy, tidak ada yang membelikan makanan dan sebagainya. Intinya semua membutuhkan tenaga office boy. Pertanyaannya jika tidak di cari orang, artinya seseorang tidak memberi kontribusi penting kepada orang lain.
Kesimpulan yang bisa di ambil dari cerita tersebut apakah kita harus menjadi office boy ? Tentu tidak, tapi kita bisa belajar tentang kontribusi dan nilai tambah.


Jika Anda mempunyai kontribusi dan nilai tambah maka Anda akan menjadi seorang yang di butuhkan. Semua itu nantinya akan menjadi pengalaman yang terindah dalam hidup Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan