Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Jangan Anggap Remeh Orang Lain.

Sabtu, 28 Agustus 2010

Sejak November 2009 saya telah mempunyai blog yang dibuatkan oleh seorang teman , Yanto Susilo. Lalu pada malam hari dengan bangganya saya bercerita kepada anak pertama saya Darren ( saat itu 12 tahun). Namun apa yang dikatakan oleh Darren ," aku sudah mempunyai blog sejak awal 2009 dan itu aku buat sendiri". Waduh betapa malunya saya karena ternyata anak saya jauh lebih menguasai IT dan bisa membuat blog secara otodidak.

Selama ini saya tidak pernah mengetahui kalau Darren sangat mahir mengutak-atik program PC. Saya berpikir hanya bermain game atau facebook saja. Bahkan Darren juga merencanakan akan membuat website. Waduuhhh. Kisah sederhana ini mengajarkan kita agar jangan menganggap remeh orang lain. Seseorang yang kita remehkan karena tidak bisa mengerjakan hal tertentu, pastilah mempunyai keahlian dibidang lain.

Saya sendiri mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan. Beberapa waktu lalu saya pernah diremehkan oleh seseorang yang mengatakan kalau artikel yang saya buat sangat jelek. Orang tersebut sebut saja si W menyuruh agency saja untuk mengerjakan artikel tersebut. Ya saya hanya diam saja. Akhirnya agency favorit si W mengerjakan artikel tersebut. Tapi ternyata apa yang dikerjakan agency tidak lebih baik dari hasil karya saya. Akhirnya si agency menyerah dan mengembalikan pekerjaan membuat artikel tersebut ke saya. Apakah si W merasa malu atau cuek saja ? Apakah si W mau menjilat ludahnya sendiri? Sudah meremehkan saya, akhirnya mengembalikan pekerjaan tersebut.

Apa makna yang dapat ditarik ? Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada seorang manusiapun yang sempurna. Maka harus diingat sebaiknya Anda tidak meremehkan orang lain, karena belum tentu Anda bisa mengerjakannya lebih baik, walau sudah dibantu pihak lain.

Kembali ke contoh anak saya Darren, sejak mengetahui mempunyai banyak kelebihan di bidang IT, maka jika saya ingin bertanya tentang blog dan web bisa melalui Darren. Saya tidak bisa meremehkan seorang anak kecil karena dia mempunyai kemampuan yang tidak saya miliki.
Sekarang kembali kepada diri Anda masing-masing, apakah masih mau meremehkan orang lain ?

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan