Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Ditolak ? Jangan Putus Asa.

Kamis, 19 Agustus 2010

Pasti banyak yang sudah pernah membaca atau mendengar kisah Koloner Sanders ? Setelah mengalami penolakan puluhan kali akhirnya ada sebuah restoran yang menerima resepnya. Sekarang siapa yang tidak kenal dan tidak pernah menikmati Kentucky Fried Chicken ?. Kisah Kolonel Sanders bagi saya sangat menarik, karena saya yang baru satu kali ditolak sudah frustrasi. Bagaimana kisah itu selengkapnya ?

Awal tahun 2007 saya sudah selesai menulis buku pertama saya dengan judul Basmi Manipulasi Manajemen. Atas referensi penulis terkenal Adi W Gunawan, maka naskah tersebut saya kirim ke Gramedia. Setelah lima bulan tidak ada kabar, akhirnya saya mendapat berita buruk , naskah saya tidak bisa diterbitkan Gramedia karena isinya biasa saja. Saya berpikir apakah penolakan tersebut dikarneakan saya penulis pemula yang belum punya ”nama” ? Satu hal yang saya syukuri adalah saya bisa menahan kekecewaan tersebut dan tidak stress. Namun saya tidak berani mencoba lagi dan pupuslah cita-cita saya menjadi seorang penulis buku. Selama 2 tahun naskah tersebut menjadi penghuni setia di PC saya.

Di awal tahun 2009 seorang teman bertanya apakah ada teman saya yang mau karyanya di terbitkan. Ada sebuah percetakan besar yang telah mempunyai ijin penerbit tapi belum pernah menerbitkan buku. ”Lah kenapa tidak karya saya saja” seru saya kegirangan. Akhirnya teman tersebut mengenalkan saya dengan pemilik penerbit tersebut. Setelah berdiskusi dan rencana strategi pemasaran maka 3 bulan kemudian buku Basmi Manipulasi Manajemen terbit. Betapa bahagianya saya karena ”telor” itu berhasil saya pecahkan. Sebagai ungkapan syukur atas terbitnya buku tersebut maka semua royalty saya sumbangkan untuk tempat ibdah . Saya ingin sharing mengenai hal diatas :

  • Jika saat ditolak saya frustrasi dan naskah tersebut dihancurkan, maka selamanya tidak akan lahir seorang penulis bernama Timoteus Talip. Sebaiknya kita selalu berpikiran positif, kalau belum bisa kali ini, mungkin ada yang kurang. Jangan berputus asa, coba lagi dan yakinlah kalau suatu saat akan berhasil.
  • Kita harus banyak belajar dari orang-orang sukses. Di balik kesuksesan mereka sekarang pasti ada perjuangan yang berat dan terjal. Mereka berjuang pantang mundur demi mencapai keberhasilannya. Contoh sederhana yang dapat kita lihat dari para juara dunia olah raga. Bagaimana mereka berlatih keras, bertanding dari level terendah sampai akhirnya menjadi juara.
  • Dalam hidup ini kita harus selalu mengukur nilai tawar. Artinya jika nilai tawar kita lebih rendah, sebaiknya kita tidak terlalu berharap bisa mendapat partner yang besar. Ini yang sudah saya alami. Setelah sukses dengan buku pertama, maka nilai tawar saya sedikit meningkat. Dengan didukung oleh Darmadi Darmawangsa yang mengenalkan saya ke Elex Media Komputindo maka buku ke 2 saya akhirnya diterbitkan oleh Elex Media yang adalah Gramedia group. Jadi mulai saat ini jika tujuan Anda belum tercapai, jangan putus asa maju terus dan yakinlah kalau suatu saat akan menuai kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan