Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Setelah 25 Tahun............

Sabtu, 10 Juli 2010

Mei 1985 adalah saat terakhir kami bersama di sebuah sekolah yang menjadi tempat menempa ilmu yaitu SMA Xaverius Tanjung Karang. Banyak kenangan indah yang tentunya akan terus membekas di hati setiap insannya. Kenangan akan sekolah, guru, teman-teman, suasana maupun segala peristiwa baik yang senang maupun yang sedih seolah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Waktupun terus berpacu. Setelah lulus SMA, kami harus bertarung untuk bisa memasuki Perguruan Tinggi favorit masing-masing. Di sana kami harus berjuang, belajar, membuat makalah, skripsi dan aneka tugas lainnya untuk mendapatkan sebuah titel yang diyakini akan menjadi bekal dalam kehidupan di masyarakat.

Di tengah kesibukan pekerjaan kadangkala teringat akan kenangan indah tersebut. Namun untuk mewujudkan menjadi sebuah ajang reuni menjadi sebuah kata yang sulit. Kesibukan pekerjaan, kemacetan Jakarta, banyaknya teman-teman yang tidak diketahui keberadaannya maupun banyaknya teman yang berpencar kota, seolah menjadi pembenaran tersebut.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, kami sempat bertemu di dunia maya melalui sebuah ajang pertemanan jejaring sosial Facebook. Banyak teman tersambung teman sehingga kita bisa mengetahui keberadaannya, walau untuk bertemu muka belum tentu terlaksana.
Ada seorang teman SMA yang dulu paling ceria, ramai dan seru sekarang telah menjadi istri pejabat BCA di Bengkulu. Dia adalah Pussy Akmal yang sudah sejak lulus SMA belum sekalipun bertemu dengannya. Uniknya tahun 2004 saat mengenal pejabat BCA tersebut, saya tidak tahu kalau Pussy adalah istrinya. Setelah bertemu di Facebook akhirnya barulah saya tahu. Lucu juga .

Pernah atas inisiatif beberapa teman yang sering menggalang reuni ( Fanny , Mira), kami sempat bertemu tapi dalam jumlah kecil.
Seiring dengan berpacunya waktu, ternyata Mei 2010 ini tepat seperempat abad kami lulus SMA. Woooiiii betapa tidak terasanya waktu yang berlalu dengan cepatnya. It,s Amazing, telah 25 tahun kami tinggalkan SMA .

Atas inisiatif beberapa teman, maka kami membuat sebuah group di BB yaitu SMAX Pahoman. Hasil chating di group, maka timbul suatu kerinduan untuk bertemu . Tak terbayang bagaimana wajah teman-teman yang sudah 25 tahun tidak pernah berjumpa.

Sabtu 10 Juli 2010 di Urban Kitchen Central Park Jakarta Barat akhirnya menjadi tempat berkumpul. Tidak banyak yang hadir, mungkin ada teman yang waktunya tidak pas. Mereka yang berkomitmen untuk hadir dan membuktikannya adalah Fanny (Siet Fang), Indjun, Salim, Fadjar , Janne, Heru, Talip, Mira, Susanny ditambah teman SMP Xaverius yaitu Subiyanto dan Hadi Memen. Walau tidak banyak tapi suasana berlangsung meriah. Ada yang sudah 25 tahun baru kali ini ketemu kembali. Banyak cerita lama maupun keadaan sekarang menjadi topik perbincangan. Kebetulan Salim membawa foto-foto saat reuni SMAX berbagai angkatan di Lampung tanggal 26 Juni 2010, dan kami antusias melihat wajah teman-teman yang sudah 25 tahun tidak berjumpa.

Salah satu topik yang kami obrolkan adalah anak Ternyata Heru "kawin" muda, saat ini anaknya sudah kelas 3 SMA.....woiiiii.... Anaknya Mira sudah kelas 1 SMA.... woiiii juga. Tapi ada juga teman yang tidak hadir disini, anaknya sudah kuliah seperti anaknya Erni Theresia dan Pussy Akmal. Kita berharap sebentar lagi mereka akan menyelesaikan kuliahnya dan menikah.... lalu kami bisa hadir di resepsinya dan reuni lagi........

Ya, 3 jam tak terasa kami ngolor ngidul.... waktu jualah yang mengharuskan kami berpisah. Foto bersama, saling bersalaman, berjanji akan bertemu lagi menjadi saksi kebersamaan kami di sore itu.

Untuk teman-teman lain yang belum bisa hadir, mungkin suatu waktu kita bisa bertemu di ajang yang lebih besar dan lebih lengkap. Keep in touch......
Reuni boleh selesai... tapi persahabatan akan tetap abadi. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan