Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Ikan Koi yang Elok

Senin, 12 Maret 2018

 

 

 

Saya memang penggemar ikan hias. Di kolam depan rumah, saya memelihara belasan ikan koi. Setahun yang lalu, saya membeli ikan koi dalam ukuran yang sama sekitar 10 cm. Setahun kemudian ukuran ikan koinya tidak sama. Ada yang besar, sedang dan yang hanya sedikit mengalami pertumbuhan. Padahal makanan yang saya berikan sama dan mereka tinggal di kolam yang sama, berasal dari induk yang sama. Kenapa bisa demikian? Saya iseng-iseng mengamati saat memberi makan. Ternyata ikan koi yang badannya besar lebih antusias menyantap makanan yang saya lempar. Mereka seolah-olah lebih ganas dan semangat. Oh… pantas aja mereka jadinya lebih besar. Kesimpulan saya adalah jika ikan koi yang lebih semangat maka akan unggul daripada ikan koi yang pendiam atau pemalas.

                Pengalaman ikan koi itu mungkin saja terjadi pada diri kita. Ingatkah Anda saat terakhir Anda sekolah. Mungkin sejak SD, SMP, SMA bahkan sampai kuliah, ada beberapa teman yang selalu bersama-sama belajarnya. Nah setelah tamat dan memasuki dunia kerja pasti berbeda. Ini terlihat saat reuni, ada yang sukses, ada yang biasa-biasa saja dan ada yang hidupnya pas-pas an. Padahal ilmu yang diterima sama saja.  Memang ilmunya sama tapi penerapan di lingkungan kerjanya berbeda. Ada yang cekatan, antusias dan terus menambah ilmu dengan belajar, membaca, training. Ada yang merasa cukup dengan ilmu sekolah dan tidak perlu menambah soft skill lagi.  Maka akan terlihat hasil yang berbeda.

                Saya sangat senang melihat ikan koi yang berenang-renang dengan eloknya di kolam, apalagi warnanya yang indah. Bahkan jika kita bisa memilih bibit yang baik, pemberian makan yang tepat, maka harga ikan koi akan meningkat tinggi. Apalagi jika memenangkan kontes. Begitu juga dengan kita, saat kita terus meningkatkan ketrampilan dan kompetensi maka kesuksesan besar akan menghampiri kita. Tawaran dari head hunter pastilah datang, atau tawaran untuk mendirikan perusahaan sebagai co-founder. Jadi semakin tinggi ilmu dan pengalaman Anda maka semaikin eloklah diri Anda.

 

Kenapa Anda harus belajar dari Ikan Koi?

·         Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang elok dan mahal harganya. Untuk menjadi elok dan mahal tentu saja perlu perjuangan yaitu menjadi juara kontes dan memiliki indukan yang bagus. Nah jika Anda ingin menjadi seorang achiever maka Anda juga harus bisa menyusun target dan memenuhinya. Jika sudah mencapai satu target, tingkatkan target berikutnya dan teruslah mencapainya. Jangan lupa mencari mentor atau coach yang bisa membimbing Anda ke arah yang lebih baik.  Jika itu terjadi maka Anda akan menjadi The Champion, seperti ikan koi yang menjadi juara kontes.

 

 

 

 

 

 

 

 


DISCLAIMER:

Pikirkan kelestarian lingkungan sebelum mencetak email ini.

Perhatian: Email ini (termasuk lampirannya) hanya ditujukan kepada penerima email yang tercantum di atas dan tidak boleh disalahgunakan oleh siapa pun. Jika Anda bukan penerima email yang dimaksud, Anda tidak diperkenankan mem-forward, mendistribusikan, menyebarkan, meminjamkan, mencetak, menggandakan, atau memanfaatkan email ini.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan