Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Iklan

Sabtu, 28 Januari 2012

Sabtu pagi saat @cheftalip latihan tenis meja di Senayan, sempat melihat shooting iklan perusahaan rokok. Saya bertanya kepada salah 1 crew. Infonya mereka telah menyiapkan properti, perlengkapan, dekorasi sejak jam 5, dan shooting akan selesai jam 18.00. Waw utk iklan 30 detik perlu waktu yg lama untuk membuatnya. Saya melihat adegan selalu diulang2. Ada 5 anak muda bersepeda mengitari propertinya dan harus puluhan kali diulang. Dari 5 orang tsb kadang ada 1 yg tdk tepat sehingga diulang. Pelajaran yg dpt diambil adalah untuk meraih suatu keberhasilan tidak ada kata mudah. Harus terus diulang dan sabar. Bayangkan jika dalam 1 tim, ada rekan yang lama, suka melakukan kesalahan, maka akan mengganggu kinerja. Seperti 5 anak muda tsb, yang harus mengulang karena ada yg salah. Kadang kita melihat iklan TV yang hanya 30 sd 45 detik dan berdecak kagum akan ide dan kreatifitas pembuatnya. Namun untuk menjadikan iklan yg bagus tsb, prosesnya tidak mudah. Selain shooting seharian, masih harus diedit, dubbing, promosi, mencari slot iklan baik di TV, koran, billboard dengan harga yg tidak murah. Sementara kita cukup duduk sambil menghirup kopi untuk menyaksikan iklan tsb yang hanya singkat saja. Tiba2 saya teringat akan perjuangan saya dan teman2 penulis yang sama dengan para pekerja pembuat iklan tsb. Kami perlu mengerjakan konsep, riset dll dan butuh waktu lama. Sementara untuk membaca hanya perlu waktu 1-2 jam saja. Inilah dinamika kehidupan yang harus dijalani, penuh suka duka. Namun semua itu akan membuat kita semakin tangguh. Setuju? Salam pemenang dari @cheftalip. Www.timoteustalip.com
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan