Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Perpisahan Yang Berkesan

Rabu, 04 November 2009

Apakah Anda sudah membaca buku “Basmi Manipulasi Manajemen” karangan saya ? Di halaman 87 terdapat kutipan “jika Bos yang kuhormati dan kucintai, mengundurkan diri atau mutasi maka bawahan akan mendoakan sukses di tempat baru dan mengharapkan suatu waktu dapat bekerja sama lagi” Kutipan tersebut tidak hanya berlaku untuk para Bos tapi juga karyawan yang selama bekerja banyak membawa hasil positif. Ini terlihat dari kisah perpisahan Silvi Utami yang akrab dipanggil Cipoy, seorang karyawan outsource di sebuah Biro Bank Swasta besar . Jum,at 23 Oktober 2009 setelah berkarya 4 tahun, Silvi mengakhiri pengabdiannya. Atas inisiatif atasannya maka diadakan acara perpisahan dengan sederhana. Silvi mengucapkan banyak terima kasih karena sudah dapat bekerja di Bank Swasta ini. ”Ini bukan perpisahan karena suatu waktu pasti akan ketemu lagi. Memang kita berpisah secara pekerjaan namun secara persahabatan akan terus berlangsung” ujarnya sambil menitikkan air mata. Satu persatu karyawan di Biro Pengelelolaan Merchant menyalami dan mendoakan agar Cipoy sukses di tempat baru sebagai karyawan tetap.
Apa makna dari perpisahan yang berkesan tersebut? Ada beberapa hal yang bisa kita ambil hikmahnya:
Kita tidak tahu berapa lama bekerja sama di suatu tempat, namun jika selama itu hubungan kerja harmonis maka semua orang akan mengenang Anda sebagai mitra yang baik.
Sebagai karyawan, kita dituntut untuk bekerja dengan baik sehingga kontribusi kita akan membawa dampak positif ditempat kerja.
Jika ke dua point tersebut terlaksana maka perpisahan itu akan menjadi berkesan dan bermakna.
Lebih lanjut saya ingin menyoroti tentang teman-teman outsource yang banyak membantu kita. Walau berstatus outsource kontribusi mereka sangat berarti sehingga target-target yang diberikan bisa kita capai. Mereka juga menyadari bekerja di sebuah bank besar dibatasi oleh jangka waktu dan mereka akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Karena pengalaman kerja di Bank besar merupakan nilai tambah yang bagus. Setelah keluar dari Bank besar tersebut, kebanyakan dari mereka bisa menjadi karyawan tetap di instansi lain, bahkan ada beberapa yang mempunyai jabatan. Jadi janganlah berkecil hati, tetaplah bekerja sebaik mungkin karena akan banyak tempat yang lebih baik untuk orang-orang yang mempunyai prestasi baik.
Hidup ini penuh dengan pilihan, apapun yang Anda pilih pasti merupakan pilihan yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar

Menggugah gagasan, merefleksikan pemikiran dan menerobos relung harapan